1. Mendeteksi masalah yang sedang dialami ataupun masalah yang akan muncul kedepannya.
Seorang business consultant memiliki pengetahuan menjalankan bisnis secara keseluruhan, memahami detail seluk beluk setiap operasi yang didalami. Jika terjadi sesuatu yang tidak normal, seorang business consultant akan dengan mudah mendeteksi. Nasihat yang diberikan bukan hanya berdasarkan teori, tetapi juga bersifat praktikal.
2. Membantu Perencanaan Bisnis
Perencanaan ini mencakup banyak hal seperti, untuk meningkatkan efisiensi sistem operasional, meminimalisir resiko kegagalan, menganalisa kompetisi di pasar hingga menyusun strategi marketing dan sales yang lebih efektif.
3. Network Yang Besar
Seorang business consultant yang telah menangani begitu banyak client terkadang bisa mempertemukan client-clientnya jika bisa membentuk suatu kerjasama yang saling menguntungkan.
Keterampilan dan pengetahuan yang perlu dimiliki oleh seorang Business Consultant :
1. Aktif menjalin komunikasi dengan klien, agar mampu memberikan informasi yang relevan kepada klien untuk kemajuan bisnisnya.
2. Wajib memiliki pengetahuan bisnis yang luas. Seorang konsultan merupakan sosok yang menyusun strategi dan target untuk bisnis bisa bertahan dalam jangka panjang.
3. Memberikan jasa konsultasi untuk para kliennya. Namun, sebelum itu konsultan bisnis perlu meneliti secara detail data-data dari klien agar tidak terjadi miss komunikasi pada saat pemberian konsultasi.
4. Memahami strategi penjualan dan pemasaran agar mengetahui langkah yang tepat.
5. Memiliki kemampuan persuasi yang baik agar strategi yang ditawarkan kepada klien dapat dimengerti dan disetujui oleh klien.
6. Memiliki pengetahuan tentang bisnis, Pemasaran, IT, Sumber daya manusia, dan lain-lain.
7. Seorang konsultan bisnis juga perlu memiliki manajemen waktu yang baik.
8. Berpikir Kritis
Menggunakan penalaran dan logika yang baik untuk mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan dari bisnis. Serta mereka juga mampu memberikan solusi alternatif ataupun pendekatan dari permasalahan yang ditangani.
9. Penyelesaian Masalah yang Kompleks
Dapat mengidentifikasi masalah yang kompleks serta mampu mengulas informasi dalam rangka mengevaluasi pilihan serta memberikan solusi bagi masalah tersebut.
10. Ekspresi Lisan
Mampu menginformasikan dan memberikan ide kepada klien ketika berbicara, sehingga klien dapat memahami apa yang disampaikan.
11. Pertimbangan dan Pengambilan Keputusan
Dapat mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari pilihan tindakan yang berpotensi agar dapat mengambil tindakan yang tepat.
12. Negosiasi
Membawa klien bersama-sama dan berusaha mendamaikan perbedaan, kemampuan melakukan analisis sebelum mengambil keputusan, serta berani mengambil keputusan yang tepat.